Install dan Konfigurasi DNS Server pada CentOs 7

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada kali ini saya ingin membagikan tulisan saya tentang bagaimana cara melakukan instalasi dan konfigurasi DNS Server. Sebelum kita ke inti pembahasan, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya DNS itu, fungsi dari DNS, dan tujuan dibuatnya DNS itu untuk apa ? Nah, kita kalau memulai membuat suatu website dari awal biasanya membutuhkan alamat website. Alamat website tersebut berupa domain. Kita bisa menggunakan domain untuk sebuah website harus melakukan konfigurasi DNS terlebih dahulu.

Untuk melakukan konfigurasi DNS tersebut dapat berupa teks/ Command Line Interface (CLI) dan gambar/ Graphical User Interface (GUI). Sekarang sudah banyak sekali kontrol panel baik itu yang bersifat gratis maupun berbayar yang dapat memudahkan administrator server dalam mengelola hosting termasuk DNS Server.

Pembahasan pada post kali ini terdiri dari :

1. Definisi DNS

2. Instalasi dan konfigurasi DNS Server

  1. Definisi DNS

DNS (Domain Name System) merupakan suatu sistem penamaan hirarkis dan desentralisasi untuk komputer, layanan, atau sumber daya lain yang terhubung ke internet atau jaringan pribadi. Ini mengaitkan beberapa informasi nama domain yang ditetapkan untuk masing-masing entitas. Yang paling menonjol adalah nama domain yang lebih mudah dihafal ke alamat IP Address yang diperlukan untuk mencari dan mengidentifikasi layanan komputer dan perangkat. DNS sudah diterapkan sejak tahun 1985.

2. Instalasi dan Konfigurasi DNS

Salah satu paket yang digunakan untuk DNS server adalah bind. Untuk melakukan instalasi paket bind, gunakan perintah yum install bind bind-utils. Setelah menjalankan perintah tersebut, konfirmasi dengan tekan huruf y seperti pada gambar berikut :

Install bind dan bind-utils

Setelah Anda menginstallnya, Anda dapat melakukan start pada service DNS dengan menggunakan perintah : systemctl start named. Untuk mengaktifkan service tersebut secara otomatis setelah boot, Anda dapat menggunakan perintah : systemctl enable named.

Anda dapat melakukan verifikasi paket bind yang sudah diinstall dengan cara melihat versi paketnya, Anda dapat menjalankan perintah berikut : `named -v`. Apabila instalasi berhasil dilakukan, akan muncul versi paket bind seperti dibawah ini :

named -v BIND 9.11.4-P2-RedHat-9.11.4-9.P2.el7 (Extended Support Version)

3. Konfigurasi DNS

Sebelum melakukan konfigurasi DNS pad CentOs 7 Server, ada baiknya kita backup terlebih dahulu file aslinya untuk menghindari kesalahan konfigurasi. Untuk melakukan backup Anda dapat menjalankan perintah berikut : cp /etc/named.conf /etc/named.conf.orig

Buka file named.conf dengan teks editor favorit Anda, ubah dan tambahkan beberapa baris konfigurasi seperti pada gambar berikut ini :

Konfigurasi named.conf

Keterangan :

Sesuaikan dengan IP Address DNS Server Anda

listen-on port 53 : Menginstruksikan interface jaringan mana yang digunakan named untuk melakukan queri.

allow-query : Menspesifikkan host mana yang diizinkan untuk melakukan query.

recursion : Menginstruksikan name server untuk melakukan queri secara rekursif.

Tambahkan beberapa baris konfigurasi untuk membuat forward zone pada file named.conf tersebut, berikut contohnya :

Konfigurasi file named.conf (2)

Keterangan :

type master: Menentukan nameserver sebagai yang berwenang pada zona

Sesuaikan dengan domain yang Anda gunakan baik itu yang berbayar atau domain yang Anda buat secara mandiri. Pada baris file itu menunjukkan tempat penyimpanan konfigurasi forward zone berada. Hal ini harus benar-benar diperhatikan ketika Anda membuat suatu file forward zone nantinya, karena apabila tidak sesuai dengan tempat penyimpanan yang sudah Anda deklarasikan sebelumnya, maka service DNS akan error. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk menyimpan perubahan konfigurasi pada file named.conf.

Langkah selanjutnya, buat konfigurasi forward zone seperti contoh pada gambar berikut ini :

Konfigurasi Forwar Zone DNS

Keterangan :

Ganti domain.tld dengan domain Anda, untuk 1.1.1.1 juga sesuaikan dengan IP Address yang digunakan oleh DNS Server Anda. Untuk informasi lebih detail terkait dengan record yang sering digunakan oleh DNS server, Anda dapat melihatnya pada tautan DNS Record ini.

Setelah itu simpan hasil konfigurasinya dan restart service DNS Anda dengan menggunakan perintah : systemctl restart named.

4. Pengujian Hasil Konfigurasi

Setelah tahap instalasi dan konfigurasi sudah selesai dilakukan, langkah berikutnya adalah memeriksa apakah DNS server sudah berhasil dikonfigurasi dengan baik atau belum. Untuk memeriksanya dapat menggunakan perintah dig / nslookup. Berikut hasil pegujian DNS server saya :

Hasil dig domain

Sebagai informasi tambahan apabila Anda membeli domain, biasanya membutuhkan waktu propagasi hingga domain bisa solved. Setelah domain dilakukan perubahan record atau nameserver, maka domain akan mengalami proses propagasi yang memerlukan waktu maksimal 48 jam dan cepat atau lambat proses propagasi bergantung dengan resolver ISP yang Anda gunakan saat ini.

Setelah domain solved, selanjutnya domain siap digunakan. Untuk memastikannya Anda harus menginstall web server terlebih dahulu. Disini saya menggunakan apache2. Untuk menginstallnya Anda dapat menggunakan perintah yum install httpd. Setelah itu coba akses domain Anda pada browser Anda. Apabila muncul seperti gambar berikut, berarti konfigurasi DNS server Anda berhasil.

Hasil test web server

Itulah cara instalasi dan konfigurasi DNS server yang sederhana menggunakan sistem operasi CentOs7-server. Semoga bermanfaat dan barokah. Aamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *